Pelepasan mahasiswa magang Fakultas Hukum Universitas Samawa

Didampingi oleh Bapak M.Pandi Prabu Darma SH.MH selaku dosen pembimbing Mahasiswa Fakultas Hukum yang berada disebelah kiri dengan Bapak M.Wildan M.Pd selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa yang berada di sebelah kanan.

Senin,2 november 2020, hari yang di mana saya merasa bangga di berikan kepercayaan untuk melaksanakan magang di kantor KPU.Pertama kali saya menginjakkan kaki saya di kantor KPU dengan bibimbingan para dosen,hal yang saya lakukan pertama kali memperkenalkan diri dan membuka plaksanaan magang secara resmi olek ketua KPU.Setelah itu kita melakukan perbincangan seputar tata tertib yang harus kita patuhi,kemudian saya di tetepkan di bagian tehnik  di bagian ini saya di bimbing oleh bapak ismail dan diajar untuk disiplin.

 Proses perekapan data pemilu tahun 2019

Tugas pertama saya dibagian teknis mengatur data data hasil pemilu presiden dan wakil presiden,serta anggota DPR,PPWP,DPRD provinsi,DPRD kabupaten/kota,hasil pemilu dari kecamatan   moyo hulu desa Maman,Pernek,Ranan, Mokong,Leseng,Batu tering,Batu bulan,Marga Karya,Semamung, yang di susun atau di atur berdasarkan TPS 1,2,3 dan seterusnya dan di tentukan melalu lembar dan halaman. Hari ini hari di mana saya merasakan betapah lelahnya seseorang yang bekerja di kantor KPU,tetapi dari hal ini saya mendapat sebuah pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa dan di pertemukan dengan orang orang hebat yang bekerja di kantor. Pengalaman yang saya dapat semenjak magang di kantor KPU yaitu mendapatkan ilmu ilmu yang belum pernah saya dapat dari sebelumnya.

Hari demi hari saya lakukan pekerjaan yang di suruh oleh bapak Ismail sebagai bos di ruangan teknis,awalnya saya merasa lelah dengan perkejaan yang di berikan dan  saya cukup sulit mengatur dan menyusun setiap kabupaten maupun provinsi, tetapi lama kelamaan saya mulai terbiasa dan menganggap pekerjaan yang di berikan mudah,ada 34 provinsi yang saya atur dari hasil pemilu presiden/wakil presiden,dan saya sudah menyelesaikan beberapa tugas saya sebagian.tetapi saya mendapat pengalaman yang luar biasa dari pekerjaan yang saya lakukan,saya bisa membedakan antara penyusunan TPS dari setiap desa dan provinsi,mulai dari hasil pemilu DPR, DPRD provinsi, DPRD kab/kota,PPWP, DPD.dan bisa mengenal banyak nama desa yang belum pernah saya dengar sebelumnya.

Perbedaan yang saya alami saat melakukan proses magang/teori dan praktek sangat memberikan pengalaman yang luas tentang bagaimana sistem bekerja, dan bisa mendapatkan ilmu yang luar biasa terkait tentang mata kuliah kita sebagai fakultas hukum dan wawasan yang begitu banyak dan juga bisa berbaur dan menyesuaikan diri dengan seseorang yang sudah memiliki pengalaman bekerja. Sedangkan kalo kita melakukan pembelajaran secara teori saja tidak di Sertai dengan praktek akan sedikit pengetahuan tanpa di Sertai kegiatan atau praktek kerja lapangan. pengetahuan yang kita dapat dari pembelajaran secara teori saja  hanya akan berpatokan dengan hal hal yang di alami di dalam kampus sedangkan mayoritas mahasiswa yang ikut berorganisasi sangat sedikit minatnya maka dari itu saya lebih suka dengan kuliah magang/teori dan praktek yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Yang manarik kami rasakan bahwa "Kuliah di Fakultas Hukum Universita Samawa Menerapak Sistem Pembelajaran Penguatan Teori dan Paraktek".. ini yang membedakan kami mahasiswa hukum UNSA dengan mahasiswa hukum lainnya, di sini kami mendapatkan program magang pada institusi atau lembaga guna memperkenalkan kami dengan dunia kerja, yang berguna membangun kemampuan kami mahasiswa fakultas hukum beradaptasi dangan lingkungan kerja serta lingkungan baru yang selalu berubah dan bergerak.

Penulis : Yulisetiawati